Monday 5 December 2011

Rampok Lintas Provinsi Tewas Ditembak




Senin, 05 Desember 2011 , 12:18:00

MARTAPURA - Sepak terjang salah satu komplotan perampok, Sunarto alias Juanda (40), warga Cahaya Masa, Kecamatan Mesuji Makmur, Kabupaten OKI, berakhir. Tersangka yang aksinya sudah merambah lintas provinsi ini, tewas dengan 3 butir peluru bersarang di paha dan dada kanannya.
   


Tim khusus (Timsus) Polres OKU Timur (OKUT) pimpinan AKP Janton Silaban terpaksa melumpuhkan tersangka dengan tembakan, karena tersangka melakukan perlawanan. Dimana, tersangka mencoba menyerang polisi dengan senpira, saat akan ditangkap.



Tersangka ditangkap, Jumat (02/12), sekitar pukul 21.30 WIB, di sebuah kafe yang ada di kawasan Desa Kemuning Jaya, Kecamatan Belitang II, Kabupaten OKUT. Darinya, polisi menyita barang bukti satu pucuk Senpira dan dua butir peluru. 

Sebelumnya polisi juga sudah membekuk kawanan tersangka Sunarto yakni Kirus, Agus, Negro, Saibi. Kini polisi masih memburu 2 kawanan lainnya berinisial El dan Fd.

Informasi yang berhasil dihimpun, kawanan tersangka dikenal sebagai perampok sadis, karena setiap menjalankan aksinya, tak segan melukai korbannya jika melawan. 

Dalam setiap aksinya, tersangka bergerak bersama kelima kawanannya. Salah satu  korban dari keganasan komplotan ini yakni Suwito (44), pengusaha karet, warga Desa Margotani, Kecamatan Madang Suku II, yang dirampok tak jauh dari lokasi pelelangan karet, tanggal 18 Februari 2008 silam.

Hasil dari aksi itu, tersangka dan kawanannya menggasak uang tunai sebesar Rp 126 juta. 

Tak hanya itu, dalam aksinya, tersangka bersama komplotan menembak Bripka Hartono, anggota Polsek Madang II, yang tengah melakukan pengamanan, saat lelang karet.

Kapolres OKUT  AKBP Kristiyono, melalui Kasat Reskrim AKP Janton Silaban, kemarin mengatakan, tersangka Sunarto sudah lama menjadi Target Operasi (TO) dan sudah masuk dalam Daftar Pencarian Orang (DPO). 

Tersangka dan komplotannya terlibat perampokan di berbagai tempat yang tak hanya di OKU Timur dan Kabupaten OKI, tetapi juga di daerah luar provinsi Sumsel, seperti di Muara Jambi, Provinsi Jambi dan Riau. 

"Dalam penangkapan, kita terpaksa melakukan tindakan tegas, karena tersangka memberikan perlawanan dan mengancam akan menembak anggota Timsus menggunakan senpira miliknya," pungkas Janton. (rob)


http://www.jpnn.com/read/2011/12/05/110179/Rampok-Lintas-Provinsi-Tewas-Ditembak-

No comments:

Post a Comment