Saturday 24 December 2011

Saat Bentrok Bima Terjadi, Polisi Seret dan Pukuli Warga


Trans7
Fajar Pratama - detikNews
Sabtu, 24/12/2011 17:41 WIB

Bima, - Dua orang dipastikan tewas dalam bentrok warga dengan aparat kepolisian di Bima, NTB. Bentrokan tersebut memang panas. Bahkan sempat terlihat beberapa kali anggota kepolisian menyeret dan memukuli warga.

Pada saat terjadinya bentrokan, Sabtu (24/12/2011) pagi, seperti ditayangkan oleh Trans7, terlihat sekitar empat petugas polisi dari kesatuan Brimob menarik seorang warga ke arah luar area bentrokan. Seorang warga ini ditarik hingga kakinya terseret.

Terlihat salah seorang polisi memukul dan melepaskan tendangan ke arah warga yang tengah diseret itu. Tak lama kemudian muncul salah seorang berpakaian sipil yang turut melepaskan tendangan.

Dalam tayangan tersebut, juga terdengar suara tembakan peluru bertubi-tubi ke arah kerumunan warga yang memblokir pelabuhan. Di saat aparat kepolisian mendekat sambil memberondong tembakan, warga berhamburan membubarkan diri.

Pada bagian tayangan yang lain, tampak tiga warga yang sudah diamankan diminta untuk bersujud di pinggir sungai. Tiga warga ini lantas disepak dengan lutut salah satu anggota polisi,

Perlakuan polisi untuk warga yang berjenis kelamin perempuan berbeda. Pada bagian tayangan yang lain, aparat kepolisian tampak membantu salah seorang ibu yang terjatuh. Setelah dibantu berdiri, perempuan berbaju merah itu dituntun ke luar lokasi bentrokan.

Lokasi terjadinya bentrokan itu adalah di Pelabukan Sape, Bima. Warga sudah satu pekan ini memblokade pelabuhan penyeberangan itu, melawan Brimob Polda NTB yang mencoba membubarkannya. Warga memblokade pelabuhan terkait tuntutan pelarangan penambangan emas.

Terkait bentrokan ini, Mabes Polri membeberkan 2 orang tewas, 3 provokator ditangkap dan 31 orang diamankan. "Korban meninggal dunia, Arief Rachman (18) dan Syaiful (17)," kata Kadiv Humas Polri, Irjen Pol. Saud Usman Nasution, dalam rilis yang diterima detikcom, Sabtu (24/12/2011).

Saud mengatakan provokator yang ditangkap berinisial H (DPO Polda NTB), A alias O, dan Sy.

http://us.detiknews.com/read/2011/12/24/174135/1799283/10/saat-bentrok-bima-terjadi-polisi-seret-dan-pukuli-warga#queryString#

No comments:

Post a Comment