Tuesday 14 June 2011

4 Wartawan Nyaris Ditembak Polisi saat Liput Aksi di Tulangbawang

Tribunnews.com - Senin, 13 Juni 2011 17:21 WIB

Laporan Wartawan Tribun Lampung, Endra
TRIBUNNEWS.COM, TULANGBAWANG - Empat wartawan media cetak dan elektronik nyaris terkena tembakan dari senjata api milik AKP Rembayu, oknum anggota Provos Polda Lampung yang meletupkan senjata apinya saat melakukan pengamanan di PT Citra Lamtorogung Persada (PT CLP).

Ini terjadi saat beberapa awak media melakukan peliputan aksi warga Kampung Bujung Tenuk yang akan menduduki lahan seluas 1.500 hektare yang dikelola oleh PT CLP, Senin (13/6/2011) siang.

Keempat wartawan itu: Johan Argena Putra (TVRI), Erwansyah (LTV), Rahman Wijayanto (Tegar TV), dan Saidi dari media Aspirasi Republik.
Berdasarkan pengakuan Johan, peristiwa itu terjadi di tengah memanasnya situasi saat warga Bujung Tenuk bersitegang dengan pihak keamanan.
Saat itu, kata Johan, AKP Rembayu secara sepontan tiba-tiba mengeluarkan senjata api dan langsung meletupkan senjata api miliknya ke arah awak media.

"Tembakan itu bukan diarahkan ke atas, tapi diarahkan ke bawah, dan hampir mengenai kami," terang Johan, yang diamini Erwansyah dan Saidi."Padahal, saat itu kami sudah menunjukkan identitas (kartu pers)," katanya.
Karena merasa terancam, kata Johan, akhirnya beberapa awak media yang berada di lokasi ketika itu lari tunggang langgang menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Sementara itu, AKP Rumbayun kepada sejumlah awak media di kantor PT CLP membantah bahwa ia sengaja melepaskan tembakan ke arah wartawan yang meliput aksi warga Bujung Tenuk yang akan menduduki lahan yang dikelola PT CLP.
AKP Rumbayun mengaku, saat itu dia tidak mengetahui kalau empat orang tersebut merupakan wartawan yang sedang melakukan peliputan.
"Saya kira kalian (wartawan) warga, makanya kalau sedang meliput gunakan kartu pers," ungkap AKP Rumbayun.
Mendengar adanya aksi penembakan tersebut, Kapolres Tulangbawang AKPB Shobarmen langsung turun ke lokasi guna mengamankan situasi. Sampai berita ini diturunkan, sejumlah aparat keamanan masih berjaga-jaga di sekitar kantor PT CLP.

No comments:

Post a Comment