Thursday 24 November 2011

Polri Tangkap 13 OPM Penyerang Poskotis Brimob Papua

Kamis, 24/11/2011 16:42 WIB 

Jakarta - Polri menangkap 13 orang yang diduga termasuk kelompok Organisasi Papua Merdeka (OPM) pelaku penyerangan Poskotis Brimob dan pembakaran kantor Ketahanan Pangan Mulia, Papua. Dari 13 tersangka, 1 ditembak mati karena melarikan diri.

"Selasa (22/11) kita menangkap yang diduga kelompok OPM, yang melakukan penyerangan ke Poskotis Brimob di Mulia, Papua, dan pembakaran kantor ketahanan pangan Mulia," ujar Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Saud Usman Nasution, di kantornya, Jl Trunojoyo, Jakarta, Kamis (24/11/2011).

13 Tersangka itu adalah JT, AW, YW, ST, AT, KT, KW, WT, PT, NT, S, YW dan SW. Satu orang yang tewas ditembak karena melarikan diri adalah SW.

"Satu orang di antaranya berhasil melarikan diri berinisial SW, kemudian dilakukan penembakan, dan mati. Dia juga dari kelompok OPM, yang melakuakn penyerangan di Poskotis Brimob," jelasnya.

Saud mengatakan 13 tersangka ini ditangkap saat bersembunyi di honai (rumah adat) penduduk. Saat ini polisi sedang memeriksa mereka secara intensif.

"Saat ini dipisahkan, mana terkait kelompok pengacau mana tidak," paparnya.

Apakah warga setempat ikut membantu kelompok tersebut?

"Kita belum bisa katakan membantu, dia takut melaporkan dan mengusir. Takutnya ada tindakan balas dendam, karena mereka takut ini mereka memberi informasi kepada kita yang terkait diduga penyerangan," ungkapnya.

Sebelumnya diberitakan penembak gelap menyerang Pos Komando Taktis (Poskotis) Brimob Jaya Wijaya, Kota Mulia. Penembakan ini dilakukan setelah insiden penyerangan yang menewaskan Kapolsek Mulia Kompol (Anumerta) Dominggus Awes. Peristiwa tersebut terjadi pada Oktober lalu. Poskotis Brimob Jaya Wijay berada tidak jauh dari Mapolres Puncak Jaya.

(mpr/vit)



http://us.detiknews.com/read/2011/11/24/164201/1775005/10/polri-tangkap-13-opm-penyerang-poskotis-brimob-papua

No comments:

Post a Comment