Tuesday 15 November 2011

Lagi, Enam Anggota Polisi Tersangka


Tuesday, 15 November 2011
SURABAYA – Tersangka penembakan guru mengaji Riyadus Solihin bertambah. Enam polisi yang sebelumnya menjadi saksi, akhirnya ditetapkan sebagai tersangka.


Bertambahnya enam tersangka ini berarti ada tujuh tersangka, termasuk Briptu Eko Ristanto yang menjadi pelaku penembakan. Kapolda Jatim Irjen Pol Hadiatmoko menjelaskan, penetapan tersangka baru dilakukan karena penyidik telah menemukan bukti dan fakta baru atas keterlibatan mereka.

”Kami tidak bisa menyebut peran masing-masing, sebab itu adalah rahasia penyidikan. Bahkan, Kapolda sendiri tidak boleh intervensi. Yang pasti, semua telah ditetapkan sebagai tersangka. Bahkan sebagian berkas mereka juga sudah dilimpahkan ke kejaksaan,” katanya kemarin. Namun, sumber di Polda Jatim menyebutkan penetapan enam anggota sebagai tersangka karena perannya menghilangkan barang bukti, termasuk merekayasa kejadian.

Sementara sebagian lagi karena ikut bersama-sama dalam perburuan terhadap korban. Keenamnya adalah mantan Kasat Reskrim AKP ES,Aiptu AGS, Iptu SWJ, Briptu DMGS, Briptu IWN,dan Briptu SWT. Menurut Hadiatmoko, proses pemeriksaan yang dilakukan penyidik sudah pada jalurnya yakni profesional dan proporsional.

Bagi mantan Kapolda Bali ini, siapa saja boleh memberikan informasi dan melakukan pengawalan agar tidak muncul kecurigaan. Namun, cara yang dilakukan harus baik dan tidak anarki. ”Penyidikan kasus ini sudah on the track.Kita profesional saja. Siapa pun yang bersalah akan dihukum, termasuk anggota Polri,”tegasnya.

Sementara itu, berkas Briptu Eko yang dijerat dengan Pasal 338 dan 353 KUHP tentang Penganiayaan, yang menyebabkan kematian sudah diserahkan ke Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jawa Timur. Adapun untuk yang lain masih dalam proses pemeriksaan. Seperti diberitakan sebelumnya, pengurus GP Ansor Sidoarjo Riyadus Solihin tewas ditembak polisi pada Jumat (28/10) dini hari.

Dia ditemukan tewas di lokasi kejadian sekitar 1,5 kilometer dari rumahnya.Saat itu,korban yang mengendarai Suzuki Futura W 1499 NW hijau, baru saja mengantarkan karyawan PT Ecco Indonesia pulang. ihya’ ulumuddin
 http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/443687/

No comments:

Post a Comment