Monday 20 February 2012

Korban Salah Tembak di Jember Berharap Polri Bersikap Adil


Senin, 20 Februari 2012 16:17 wib









JAKARTA - Rahmatullah yang menjadi korban salah tembak oleh polisi di Jember, Jawa Timur meminta keadilan ke Mabes Polri. Kubu Rahmatullah yang didampingi aktivis Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) ini mempertanyakan perkembangan kasus tersebut.

"Kami melihat banyak sekali kejanggalan dalam kasus ini. Selama ini Rahmatullah tidak pernah terlibat kriminal.  Hal ini dibuktikan dengan surat yang menegaskan bahwa dia tidak pernah terlibat kriminal yang dikeluarkan oleh kepala Desa Pakis dan Camat Panti. Polisi pada akhirnya mengakui bahwa Rahmat tidak dapat dibuktikan bersalah. Akhirnya oleh polisi Rahmat dialihkan ke kasus lain", beber aktivis Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) Jember, Sapto Rahardjanto di Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Jaksel, Senin (20/2/2012).

Saat ini, lanjut dia, oknum polisi yang melakukan penembakan terhadap Rahmatullah dikenakan sanksi disiplin berupa kurungan selama 21 hari. Hukuman tersebut, oleh pihak keluarga dirasa tidak seimbang mengingat apa yang telah dialami korban.

"Apa yang dilakukan aparat (penembakan) sama dengan perbuatan kriminal. Dan itu harus kena sanksi pidana, bukan hanya sanksi atas pelanggaran disiplin", tegasnya.

Rahmatullah ditembak oleh polisi dirumahnya pada tengah malam saat dirinya sedang tidur. Dia ditembak di depan seluruh keluarganya (anak, istri, ayah, dan ibu). Menurut pengakuan keluarga korban, ibu Rahmatullah sempat ditodong pistol oleh polisi.

"Istri saya sempat ditodong oleh polisi. Setelah penembakan polisi tidak
bertanggungjawab atas luka tembak yang diderita. Rahmatullah mengeluarkan sendiri peluru di dalam kakinya, sampai luka itu membusuk. Mana sisi keadilan polisi", tutur Zaenal, ayah Rahmatullah.
(put)



http://news.okezone.com/read/2012/02/20/337/579045/korban-salah-tembak-di-jember-berharap-polri-bersikap-adil

No comments:

Post a Comment