Sunday 21 November 2010

Kabur, Tahanan Ditembak Mati

20 NOVEMBER 2010

Nada alias Robi, 28, tahanan Polsek Negarabathin Provinsi Lampung meregang nyawa setelah timah panas petugas menembus ubun-ubun kepalanya, pukul 10.00 WIB, Jumat (18/11).

Sebelumnya, warga Kampung Negara Kemakmuran, Hulu Sungkai, Lampung Utara (Lampura) itu kabur dari sel tahanan dengan mengelabui petugas jaga.

Dari informasi yang dihimpun Radar Lampung (Grup Batam Pos), Nada menjadi tahanan Polsek Negarabathin sejak 30 Oktober lalu. Sekitar pukul 09.00 WIB kemarin, ia meminta air kepada petugas untuk keperluan di dalam sel.

”Ketika itu pelaku meminta izin kepada petugas jaga. Pintu sel pelaku kita buka. Dengan pengawalan ketat petugas, pelaku kita bawa keluar untuk mengambil air di sumur yang berada di sekitar Polsek,” tutur Kapolsek Negara Bathin, Iptu Maryadi.

Sesampainya di bibir sumur pelaku mulai mengambil air dengan cara yang tidak biasa. Pelaku sangat lamban. Rupanya itu modus pelaku untuk menunggu kelengahan petugas.

”Setelah air dalam ember penuh pelaku berjalan seolah menuju ke ruang tahanan. Saat itu tiba-tiba pelaku berbalik arah dan menerobos rerimbunan semak belukar masuk ke pinggiran hutan,” tutur Kapolsek lagi.

Melihat tahanannya kabur petugas jaga langsung berteriak agar pelaku berhenti. Teriakan petugas ternyata tidak digubris. Bahkan dua tembakan peringatan yang diletuskan petugas ke udara tidak menyiutkan nyali pelaku untuk terus kabur.

”Petugas jaga langsung mengambil langkah tegas dengan menembak ke arah kaki pelaku. Namun sayang saat itu pelaku terjatuh karena tersandung sesuatu dan peluru tersebut menembus kepala korban,” katanya.

Lebih jauh kata dia, pelaku memang kerap melakukan tindakan pencurian di wilayah hukum Polsek Negara Bathin, Pakuon Ratu, dan Negeri Besar, Waykanan. Pelaku juga kerap keluar masuk penjara karena kasus serupa. Bahkan pelaku baru lima bulan lalu bebas. Terakhir pelaku dihukum 12 tahun atas kasus 365 KUHP.

”Pelaku juga membongkar rumah warga di Kampung Bumi Jaya dan berhasil menggondol sepeda motor pemilik rumah,” kata Maryadi. Ditambahkan Maryadi saat ini jenazah Nada sudah diserahkan kepada pihak keluarganya dan langsung dimakamkan di Kotabumi. (jpnn)

http://www.batampos.co.id/kabur-tahanan-ditembak-mati.html

No comments:

Post a Comment