Sunday 4 July 2010

Mencoba Kabur, Pencuri Motor di UI Tewas Ditembak

TEMPO Interaktif, Depok - Nasib sial menimpa Ansori, 40 tahun. Pencuri motor asal Banyuwangi ini tewas ditembak ketika melakukan aksinya di Universitas Indonesia, Depok siang tadi.

Peristiwa bermula ketika ia hendak mencuri motor mio milik Sudaryanto. Kebetulan saat itu, korban yang berprofesi sebagai satpam UI ini memarkir kendaraannya di dekat Masjid Ukhuwah Islamiyah UI.

Ansori kemudian nekat untuk mengambil motor tersebut. Aksi ini langsung diketahui korban dan segera memanggil teman-temannya dan juga beberapa aparat kepolisian yang saat itu sedang berpatroli di kawasan UI.

Kepala Satuan Reserse Kriminal Polres Depok, Komisaris Ade Rahmat Idnal mengatakan pihak kepolisian telah memberikan tembakan peringatan sebanyak tiga kali, tetapi pelaku tidak mengindahkan. Bahkan, pelaku berusaha kabur dengan mengendarai motor curian. Akhirnya, polisi terpaksa menembak Ansori yang kala itu sudah berada di atas motor, sebanyak dua kali.

"Tembakan mengenai pinggang dan punggung sebelah kanan," kata Ade kepada wartawan di Kampus UI, Depok. Pelaku akan dibawa ke RS Polri Kramat untuk diotopsi. Dari tangan Ansori, berhasil disita dua anak kunci letter T dan dua kunci magnet

Kepala Sub Direktorat Pembinaan Lingkungan Kampus UI, Dadan Erwandi mengatakan pelaku pernah melakukan kejahatan serupa pada tahun 2005 lalu. "Waktu itu, ketahuan lalu digebukin dan diserahkan ke polisi," ujarnya kepada Tempo. Saat itu, Ansori kedapatan mencuri motor di Gedung Pusat Administrasi UI.

Dadan mengatakan, gerak-gerik komplotan pencurian motor ini memang sudah menjadi target pihak UI dan aparat kepolisian selama beberapa hari terakhir ini. Hal tersebut lantaran tiga hari lalu, satpam UI melihat adanya gerak-gerik yang mencurigakan di depan Pusat Kegiatan Mahasiswa. Selain itu, pihak kepolisian sudah mendapat lima laporan kehilangan motor di wilayah UI.

Dadan berharap dengan tertangkapnya Ansori ini, maka tidak akan ada lagi pencurian motor di lingkungan UI. Adapun pihak kepolisian masih mempelajari kemungkinan adanya komplotan pencuri motor lain yang bermain di wilayah UI. Menurut Ade, peristiwa pencurian motor paling banyak terjadi pada akhir pekan, "Paling sering Sabtu dan Minggu," kata dia.

No comments:

Post a Comment