Thursday 2 December 2010

Penembakan 8 Orang di Torgamba

Rabu, 1 Desember 2010 | 17:10

[LABUHAN BATU] Warga Sei meranti, Kecamatan Torgamba, Kabupaten Labuhan Batu Selatan, Sumatera Utara (Sumut) mengharapkan, pihak kepolisian untuk serius mengusut pelaku penembakan terhadap 8 orang di sana. Salah seorang dari warga yang ditembak petugas kehutanan itu adalah Tukidi (28) warga Desa Swadaya.

Dia ditembak saat terjadi pertikaian di Desa Sei Meranti, Kecamatan Torgamba. Dalam kondisi kritis akibat luka tembak di kepala dan dana, dia dilarikan ke Rumah Sakit Haji Adam Malik Medan. Tujuh rekannya yang juga tertembak petugas, kini dirawat di Rumah Sakit Umum (RSU) di Labuhan Batu.

"Ini merupakan tindakan kriminal murni. Mereka sudah berbuat semena - mena terhadap kami masyarakat di sini," ujar seorang warga, Sartana kepada SP saat ditemui di lokasi pertikaian masyarakat dengan aparat polisi kehutanan di Torgamba, Rabu (1/12).

Menurut Sartana, tindakan penembakan oleh oknum aparat kehutanan terhadap masyarakat saat terjadinya perselisihan tersebut, dilakukan secara membabibuta. mereka sama sekali tidak memberikan peringatan maupun teguran.

"Penembakan itu mereka lakukan untuk menunjukkan kekuatan. Ada warga yang tertembak di bagian dada dan kepala. Mereka itu harus ditangkap dan diajukan sampai ke pengadilan. Kami akan melakukan aksi jika mereka tidak diproses," katanya.

Kepala Bidang Humas Polda Sumut Kombes Pol Baharuddin Djafar mengatakan, penembakan terhadap masyarakat di sana masih dalam penyelidikan. Polisi sudah mengorek keterangan empat oknum petugas kehutanan.

"Polisi sudah mengamankan senjata jenis pelontar yang diduga dipergunakan salah seorang oknum ketika menembak masyarakat. Motif dari kejadian penembakan ini pun masih ditelusuri. Polisi tetap melakukan pengusutan.

Motif dari pertikaian tersebut berawal dari perselisihan antara masyarakat dengan PT Sinar belantara Indah (SBI). Puncak dari kemarahan masyarakat karena tidak terima dituduh menggarap lahan milik perusahaan tersebut.

Sebelum kejadian pertikaian, di antara oknum polisi kehutanan di sana menegur warga ketika sedang menggarap lahan. Menurut warga, lahan tersebut merupakan peninggalan dari leluhur mereka, bukan milik PT SBI. [155]


http://www.suarapembaruan.com/home/penembakan-8-orang-di-torgamba/1596

No comments:

Post a Comment