Friday 3 December 2010

Lagi-lagi Polisi Salah Tembak

Jumat, 3 Desember 2010 - 17:26 WIB

LAMPUNG (Pos Kota ) – Gerebek pelaku kejahatan inisial Man, malah yang kena tembak orang penjemur anggok limbah singkong, Jaelani ,40, warga Kampung Gunungbatin Baru, Kecamatan Terusannunyai, Lampung Tengah, Kamis (2/12) sekitar pukul 17.30 WIB.

Korban digerebek empat oknum petugas Polres Tulangbawang di belakang rumahnya dengan tuduhan sebagai pelaku kejahatan berinisial Man. Bahkan, korban salah tangkap ini roboh diterjang timah panas seorang oknum petugas hingga harus dirujuk ke Rumah Sakit Umum Daerah Abdoel Moeluk, Bandarlampung.

Korban mengalami luka tembak di punggung hingga tembus ke dada. Saat ini, dia kondisinya masih kritis.

Keluarga korban pun mempersoalkan saat penggerebekan, oknum petugas tidak menunjukkan surat penangkapan atau surat izin dari pamong kampung setempat, langsung menggerebek dan menembak.

Kepala Kampung Gunungbatin Baru, Zulkarnaen membenarkan insiden itu. Jaelani jadi korban salah tangkap oknum polisi dari Tulangbawang.

M. Solihin, 42, kakak korban, menyebutkan peristiwa itu terjadi tepat di belakang rumah Jaelani. ’’Adik saya didatangi empat lelaki berpakaian preman yang mengaku dari Polres Tulangbawang. Mereka bilang mau menangkap tersangka yang bernama Man. Dan, mereka mengira adik saya itu Man,’’ kata Solihin.

Lanjut Solihin, adiknya sudah berusaha menjelaskan kalau dia bukan Man. Tetapi, empat lelaki itu terus menyebutkan Jailani sebagai Man. Adik saya ketakutan. Sehingga dia berusaha lari, mereka langsung menembak punggung adik saya hingga tembus ke dadanya.

Sebelum dibawa ke RSUD AM, Jailani sempat dilarikan ke RSUD Menggala karena mengalami pendarahan akibat luka tembak itu. Tetapi oleh tim medis, Jailani kemudian dirujuk ke RSUD AM. “Kami sampai di sini sekitar jam 10.00 WIB,’’ ujar Solihin.

Pihak kepolisian Polda Lampung belum bisa menegaskan bahwa yang Jaelani merupakan korban salah tembak. Hal tersebut diungkapkan oleh Kapolda Lampung Brigjen Pol Sulistiyo Ishak.

“ Yang bersangkutan ada dugaan melakukan tindak kejahatan yang pernah dilakukannya,”ujar Sulistiyo Ishak, Jumat (3/12)usai syukuran HUT Pol Air ke-60 di Hotel Sahid.

Saat ditanyakan kasus apa, pihaknya masih melakukan penyidikan terhadap kasus tesebut.

Pihaknya juga berharap kejadian penembakan tersebut tidak salah tembak.”Mudah-mudahan saja tidak salah tembak,”ungkap kapolda. (Koesma/dms)

http://www.poskota.co.id/berita-terkini/2010/12/03/lagi-lagi-polisi-salah-tembak

No comments:

Post a Comment