Saturday 21 August 2010

Andrianus: Kalau Tidak Ditembak, Perampok Akan Ulangi Aksi Terornya

Sabtu, 21/08/2010 14:59 WIB

Jakarta
- Polisi harus segera menangkap para pelaku perampokan. Berbahaya kalau tidak segera diambil tindakan. Alasannya dilihat dari aksinya ditengarai mereka para pemain lama yang cenderung akan mengulangi perbuatannya.

"Dari polanya ini pemain lama. Setelah satu perampokan diduga masih berlanjut, perampok seperti ini tidak mungkin berhenti kalau tidak ditembak atau ditangkap," kata Kriminolog UI, Adrianus Meliala saat dihubungi detikcom, Sabtu (21/8/2010).

Dia menjelaskan, jelas sekali motif yang mendasari para pelaku perampokan ini karena faktor ekonomi, meski tidak menutup kemungkinan ada kaitan dengan dugaan terorisme.

"Ada konteks menjelang lebaran, mungkin mereka ingin mempunyai uang mendapatkan mudik," imbuhnya.

Adrianus juga menduga selain pemain lama, ada pemain baru yang juga direkrut untuk melakukan perampokan. Ini yang juga berbahaya, mengingat pemain baru ini tentu kemudian yang biasanya nekat dalam beraksi.

"Perampokan butuh skil dan kepercayaan diri, kalau pelakunya pemain baru akan tampak crowded," imbuhnya.

Untuk penanganan dan pencegahan kasus seperti ini, selain pihak kepolisian mesti melakukan pengerahan ekstra resources juga pihak bank atau yang lainnya mesti melakukan pengamanan mandiri juga.

"Pihak bank bisa memilih lokasi bank yang tidak terpencil dan dilengkapi petugas keamanan yang cukup," tutupnya.

http://us.detiknews.com/read/2010/08/21/145956/1424860/10/andrianus-kalau-tidak-ditembak-perampok-akan-ulangi-aksi-terornya?n991102605

No comments:

Post a Comment