Tuesday 25 May 2010

Polisi Tembak Empat Pelaku Pencurian Sapi

Empat Pelaku Pencurian Sapi

TEMPO Interaktif, LUMAJANG - Empat orang anggota komplotan pencurian hewan Selasa dini hari tadi (24/5), sekitar pukul 03.00 ditembak anggota Kepolisian Resor Lumajang. Polisi yang sedang melakukan patroli memergoki mereka di Dusun Rekesan, Desa Sumbersuko, Kecamatan Sumbersuko, Lumajang.

Kepala Polres Lumajang Ajun Komisaris Besar Polisi Dedi Prasetyo menjelaskan, polisi mencurigai sebuah mobil Suzuki APV. Apalagi di dalam mobil tampak seekor sapi. Ketika dihadang, Mobil malah melaju kencang, bahkan menabrak sepeda motor polisi.

Terjadi kejar mengejar. Mobil yang lari ke arah Malang melawati jalur Selatan berhasil disusul polisi di Desa Tirtomarto, Kecamatan Ampelgading, Kabupaten Malang. Polisi menembak ke arah pintu mobil dan ternyata tembus mengenai pinggang Yusuf yang mengemudikan mobil yang membuat mobil oleng dan menabrak jembatan.

Kawanan pencuri berhamburan keluar dari mobil. Yusuf melarikan diri ke dalam hutan. Tiga orang lainnya berhasil diciduk setelah terkena tembakan polisi. ”Mereka merupakan alap-alap pencurian hewan, dan sudah sering melakukan aksinya di Lumajang,” kata Dedi Prasetyo.

Selain Yusuf, anggota kawanan lainnya adalah Umar dan Sakur, ketiganya warga Desa Tempuran, Kecamatan Bantaran, Kabupaten Probolinggo, serta Sahar, warga Kelurahan Pohsangit, Kota Probolinggo. Umar, Sakur dan Sahat, hingga saat ini masih menjalani perawatan di Rumah Sakit Bhayanghkara Lumajang.

Menurut Dedi Prasetyo, sapi yang dicuri milik Ismail, warga Dusun Rekesan. Modus operansi kawanan pencuri ini cukup rapih. Untuk mengelabui polisi, mereka sengaja menggunakan kendaraan berupa kendaraan tertutup, seperti Suzuki APV. Untuk memasukkan hewan curiannya, kursi belakang mobil terlebih dahulu dipreteli.

Polisi, kata Dedi pula, akan mengembangkan penyelidikan untuk mengungkap jaringan, baik aksi pencurian yang telah mereka lakukan hingga penadah yang biasa menampung hewan curian mereka.
DAVID PRIYASIDHARTA.

http://www.tempointeraktif.com/hg/surabaya/2010/05/25/brk,20100525-250246,id.html

No comments:

Post a Comment