Monday 24 May 2010

Penembakan di Area ITC Mangga Dua

Anggota Brimob Marah karena Ditegur Salah Parkir

Jumat, 21 Mei 2010 | 05:29 WIB

Jakarta, Kompas - Brigadir Satu I Gde Marga Rana Jaya, anggota Brimob Polda Metro Jaya, menembak tiga kali ke arah lalu lintas yang macet di depan ITC Mangga Dua, Jakarta Utara, Kamis (20/5) sore. Ia melepaskan tembakan itu karena panik dikejar massa di ITC Mangga Dua.

Kapolres Jakarta Utara Komisaris Besar Rudy Sufahriadi, saat dihubungi kemarin, mengakui adanya penembakan itu. Pelakunya oknum Brimob Polda Metro Jaya. ”Namanya I Gde Marga Rana Jaya. Dia melepaskan tiga tembakan,” kata Rudy.

Tentang penyebab dikejar-kejarnya Briptu Gde, Rudy mengatakan, sampai saat ini masih diselidiki. Namun, menurut informasi, Gde dikejar dan diteriaki perampok oleh satpam ITC karena parkir di tempat yang salah. Sebelumnya, ia ditegur, tetapi malah marah dan menunjukkan kartu anggota. Mereka kemudian terlibat perkelahian.

Menurut satpam ITC Mangga Dua, Ilyas, laki-laki berambut cepak itu mengacung-acungkan senjata api ke tengah massa. ”Saya tidak tahu pasti kenapa dia mengeluarkan senjata itu. Mungkin panik karena massa sangat banyak,” kata Ilyas.

Akibat kejadian itu, Inda Budiman (32), pedagang minuman, tertembak di pinggang kanannya saat membantu satpam mengejar pelaku. Selain itu, dua anggota satpam ITC juga menjadi korban. Danang Hendri (40) mengalami luka bocor di kepala dan Suyatno (36) mengalami luka memar di kepala bagian belakang.

Sebuah mobil yang sedang terjebak kemacetan di depan ITC Mangga Dua juga pecah kaca sebelah kirinya terkena peluru.

Oknum Brimob itu lalu diamankan petugas di Ruang P3K ITC Mangga Dua karena babak belur dikeroyok massa. Pelaku kemudian dibawa ke RSPAD Gatot Subroto. Adapun tiga korbannya dibawa ke RS Husada. Setelah dirawat, dua korban langsung pulang, sedangkan Inda dipindahkan ke RS Polri Kramat Jati.

Menurut Yani, istri Inda, saat kejadian, suaminya sedang berjualan. ”Suami saya lalu ikut mengejar karena orang berteriak rampok-rampok. Tahu-tahu dia malah ditembak,” ujarnya.

Saat bersamaan, ada keributan di pusat perbelanjaan itu karena manajemen ITC Mangga Dua ingin menertibkan pedagang yang ada di Lantai Dasar Blok D. Pedagang ditertibkan karena belum bayar sewa setahun. Menurut pedagang, selama ini mereka selalu tertib membayar kepada seseorang bernama Bambang, yang mengaku sebagai wakil dari manajemen. Namun, ternyata, uang itu tidak diserahkan kepada manajemen. (ART/ARN)

http://cetak.kompas.com/read/xml/2010/05/21/0529430/Penembakan.di.Area.ITC.Mangga.Dua

No comments:

Post a Comment