Tuesday 25 May 2010

4 Tersangka Perampok Dibekuk, 1 Ditembak

Minggu, 23 Mei 2010 | 07:41 WIB

PASURUAN, KOMPAS.com - Polisi Pasuruan berhasil membekuk lima dari sembilan tersangka perampok yang menjadi buron sejak sembilan bulan lalu. Mereka adalah Toha (34), Joni Jip (30), warga Lawang, Malang, ketiga lainnya asal Pasrepan, Pasuruan, yakni M Hasan (25), Munawir (31) dan Abd Kodir (30).

Tersangka Toha, warga Desa Pohgading, Kecamatan Pasrepan, ditembak polisi karena berupaya kabur saat disergap di tempat persembunyiannya di Kraton, Pasuruan.

Kapolres Pasuruan AKBP Ahmad Yani melalui Kasat Reskrim AKP Indra Mardiana, menyatakan, komplotan ini diduga dua kali merampok. Pertama pada 7 Agustus 2009 di bengkel Junaedi, Dusun Kademangan, Desa Kertosari, Kecamatan Purwosari.

Aksi kedua dilakukan dua pekan berikutnya di Desa/Kecamatan Wonorejo. Pada perampokan di Purwosari, mereka menggasak Rp 20 juta dan kalung emas 10 gram serta dua handphone. Sedangkan di Wonorejo, mereka menjarah Rp 19 juta serta sejumlah perhiasan emas.

"Modusnya, membobol tembok dan mencongkel pintu atau mendobrak serta menodong dan sekaligus mengikat korban. Pelaku yang tertembak ini memiliki peran penting sebagai pendobrak sekaligus penodong korban,” terang AKP Indra Mardiana.

Polisi saat menyeragap juga menyita celurit, lakban dan rafia yang biasanya digunakan membekap korban.

Sementara, Toha kepada wartawan mengaku, hasil merampok di Purwosari dan Wonorejo digunakannya buat membayar utangnya.

“Uangnya sudah habis dibagi sembilan orang. Saya kepepet merampok untuk membayar utang yang numpuk. Saat beroperasi itu, saya hanya bertugas mengawasi dan tidak pernah membawa senjata tajam apapun,” kata Toha sambil meringis menahan sakit luka tembaknya.

Hingga saat ini, polisi masih terus memburu empat tersangka perampok lainnya, Mufin, Untung, Sugianto dan Syukur. (Abdus Syukur)\

http://regional.kompas.com/read/2010/05/23/07413375/4.Tersangka.Perampok.Dibekuk..1.Ditembak-3

No comments:

Post a Comment