Tuesday 18 May 2010

Anggota OPM Ditembak di Puncak Jaya

Selasa, 18 Mei 2010 17:04 WIB

JAYAPURA--MI:
Polda Papua memastikan seorang warga yang tewas ditembak oleh aparat gabungan TNI dan Polri di Kampung Goburuk, pada Senin (17/5) sore merupakan salah satu dari delapan orang yang masuk daftar pencarian orang (DPO).

"Ia bernama Werianus Telenggen yang tercatat sebagai anggota OPM (Organisasi Papua Merdeka) yang selama ini melakukan aksi penembakan misterius yang kerapkali terjadi di Puncak Jaya," kata Kepala Bidang Humas Polda Papua Komisaris Besar Agus Rianto, Selasa (18/5) siang.

Menurutnya, Werianus tewas ditembak aparat gabungan Polri dan TNI yang melakukan penyisiran di Kampung Goburuk. "Sebelumnya aparat meminta Werianus bersama rekan-rekannya menyerahkan diri. Namun, imbauan itu malah dibalas dengan serangan tembakan kepada aparat," jelasnya.

Aparat gabungan yang saat itu berrjumlah puluhan orang, ujarnya, berhasil memukul mundur sejumlah anggota OPM yang bersembunyi di Kampung Goburuk.

"Werianus tewas terkena timah panas dalam baku tembak antara aparat dan anggota OPM. Dari lokasi kejadian polisi menyita sepucuk senjata api AK 47 dan puluhan butir peluru yang digunakan Werianus untuk menyerang aparat keamanan," ungkapnya.

Ia menambahkan, Werianus Telenggen merupakan anak buah pimpinan OPM wilayah Puncak Jaya, Goliat Tabuni. Werianus bersama anggota OPM lainnya melakukan serangkaian penembakan, di antaranya penyerangan terhadap para karyawan PT Moderen yang mengakibatkan tiga orang tewas beberapa waktu lalu.

"Werianus tercatat sebagai pimpinan di kawasan Distrik (Kecamatan) Mulia. Jenazahnya hingga kini masih berada di RSUD Mulia guna proses identifikasi," tambah Agus. (FO/OL-01)

http://www.mediaindonesia.com/read/2010/05/18/143591/130/101/Anggota-OPM-Ditembak-di-Puncak-Jaya

No comments:

Post a Comment