Friday 23 November 2012

Residivis Pencuri Motor Ditembak





BANDARLAMPUNG, RIMANEWS - Dedi Irawan (30) residivis pencuri kendaraan bermotor ditembak kaki kirinya oleh anggota reserse kriminal Polresta Bandarlampung saat mencoba melarikan diri.
"Tersangka sudah sebelas kali melakukan pencurian kendaraan bermotor dan pernah mendekam di penjara," kata Kapolresta Bandarlampung Kombes M Nurochman saat gelar perkara kasus-kasus kriminal di Mapolresta di Bandarlampung, Kamis (22/11/2012).
Pelaku warga Kecamatan Jabung Kabupaten Lampung Timur tersebut telah menjadi target operasi karena sering melakukan kejahatan di wilayah Bandarlampung dan tersangka tertangkap di rumah salah satu rekannya di Kecamatan Teluk Betung Barat (TBB).
Ketika penangkapan, Nurohman mengungkapkan polisi telah mengepung rumah tersebut untuk mengantisipasi kaburnya pelaku dan saat itu tersangka berusaha kabur, tetapi berhasil ditangkap setelah polisi menembak kakinya.
Pelaku saat beraksi menurutnya, selalu membawa senjata api rakitan dan mendatangi sejumlah tempat seperti rumah makan dan rumah warga yang terdapat kendaraan bermotor.
"Tertangkapnya pelaku berdasarkan dari hasil pengembangan penyelidikan, pelaku sangat berbahaya karena dalam aksinya selalu membawa senjata api," katanya.
Pihak kepolisian berhasil menyita barang bukti berupa dua unit kendaraan roda dua, satu pucuk senjata api rakitan jenis revolver, lima butir amunisi FN, seperangkat alat hisap sabu-sabu, dan satu buah kunci leter T.
"Pelaku akan dijerat pasal 363 KUHP tentang Pencurian dengan pemberatan, dengan ancaman hukuman 12 tahun penjara," kata Nurochman.
Berdasarkan informasi dari dari tersangka, pistol rakitan tersebut didapat dari temannya yang digunakan untuk menakuti para korbannya.
"Saya pernah menjalani hukuman penjara tahun 2005," kata tersangka Dedi Irawan, saat ditanya polisi.
Dia mengaku melakukan tindak kejahatan ini karena untuk memenuhi kebutuhan istri yang sedang mengandung dan dua anak yang tahun depan akan masuk sekolah dasar.
"Istri saya sedang hamil delapan bulan dan tinggal dengan orang tua karena sebentar lagi akan melahirkan. Pernah berniat untuk bertobat tapi karena desakan ekonomi terpaksa mencuri lagi," ujarnya. Ia merasa sedih karena bakal tidak bisa mendampingi istrinya yang akan melahirkan.[ian/seruu]
http://m.rimanews.com/read/20121123/82651/residivis-pencuri-motor-ditembak?utm_source=dlvr.it&utm_medium=twitter

No comments:

Post a Comment