Saturday 20 August 2011

Perampok Nasabah Bank Ditembak

WATAMPONE– Sebuah aksi perampokan nasabah bank di Kota Watampone berhasil digagalkan polisi, kemarin. Empat perampok ditangkap Tim Buru Sergap Polres Bone sesaat setelah menjalankan aksinya.

Aksi perampokan ini menimpa seorang nasabah Bank BRI Cabang Watampone bernama Suryani. Uang korban sebanyak Rp45 juta berhasil digasak perampok saat dia memarkir sepeda motornya di Jalan Mangga,sekitar 500 meter dari bank. Dalam aksinya, keempat perampok membagi tugas. Seorang perampok bernama Sapri berpura-pura sebagai wartawan masuk ke bank pada pukul 10.30, untuk mengintai korban.

Tiga rekannya menunggu di luar.Pelaku yang bertindak sebagai eksekutor adalah Anwar.Dia beraksi saat calon korban keluar dari bank seusai mengambil uang. Pelaku lalu mengikuti korban ke jalan raya sambil menunggu momen yang tepat menjalankan aksinya. Pelaku mulai beraksi saat korban singgah mengisi pulsa ponsel di Jalan Mangga. Dia mengambil uang di jok motor milik korban yang terparkir.

Setelah berhasil, uang Rp45 juta tersebut langsung diberikan kepada Sapri yang menunggu di dalam mobil. Sementara itu, pelaku lain, Rani dan Surjadi, yang juga berada di dalam mobil, berusaha menghalangi korban. Namun, nahas bagi kawanan perampok ini.Aksi mereka kali ini tidak berjalan lancar.

Rupanya polisi yang berpakaian preman telah mencurigai gerak-gerik mereka saat masih berada di dalam bank. Komplotan ini memang sudah menjadi target polisi karena sebelumnya pernah menjalankan aksi yang sama di Watampone. Polisi menguntit pelaku saat mereka mengikuti korban keluar dari bank. Saat pelaku beraksi di Jalan Mangga, saat itu pula polisi langsung menyergap.

Rani dan Surjadi ditangkap di Jalan Mangga. Sapri dan Anwar ditangkap di Jalan Biru saat berusaha melarikan diri. Sapri bahkan diterjang timah panas di bagian bawah punggungnya karena tidak menghiraukan peringatan polisi. Akibat luka yang diderita, Sapri dirujuk ke Rumah Sakit Bhayangkara Makassar karena peluru masih bersarang di tubuhnya.

Menurut Wakil Direktur Rumah Sakit Tenriawaru Watampone Andi Aminah Yusuf, proyektil yang bersarang di tubuh korban sulit dikeluarkan. “Kami rujuk ke Rumah Sakit Bhayangkara Makassar. Nanti di sana pelurunya baru dikeluarkan,”kata dia. Tiga pelaku lain kini ditahan di Polsek Tanete Riattang.

Kasat Reskrim Trihanto Nugroho mengatakan, pelaku adalah jaringan spesial perampok nasabah bank. Kasat Reskrim Polres Bone AKP Trihanto Nugroho mengatakan, keempat pelaku bernama Anwar,35,Suriadi,24,Rani, 26, dan Muhammad Sapri, 30. Saat beraksi, pelaku menggunakan sepeda motor Mio dengan nomor polisi DD 3587 OI dan mobil Avanza perak bernomor polisi DD 777 JO. Barang bukti kendaraan tersebut sudah diamankan di Polsek Tanete Riattang.

Selain kendaraan, uang milik korban Rp2 juta berhasil diamankan anggota Buser. Sisanya belum ditemukan karena perampok diduga membuangnya ke sungai saat dikejar petugas. Di depan polisi, para tersangka mengaku sudah beberapa kali melakukan aksi di Bone.Pada 26 Juli 2011,mereka juga merampok Sunandar, 37, yang baru saja mengambil uang Rp45 juta di Bank BNI Jalan Ahmad Yani, Watampone. Waktu itu,kaca mobil yang diparkir korban dihancurkan pelaku untuk mengambil uang di mobil. Seputar Indonesia-yos naiobe

http://www.makassarterkini.com/index.php?option=com_content&view=article&id=3044:perampok-nasabah-bank-ditembak&catid=44:info-terkini&Itemid=139

No comments:

Post a Comment