Wednesday 19 January 2011

Tahanan Kabur Ditembak

Rabu, 19-01-2011
Rabu, 19-01-2011

BIRINGKANAYA, UPEKS---Dua tahanan yang kabur tiga hari lalu dari Polsek Biringkanaya, Selasa (18/1) dinihari tertangkap.
Dari dua tahanan tersebut, satu diantaranya, Lukman (22) terkapar ditembak karena berupaya melawan dan mengabaikan tembakan peringatan. Sementara itu, Rijal (22) tidak ditembak, karena menyerahkan diri.
Kedua tahanan itu, sejak desember 2010 lalu berurusan polisi, terkait pencurian Laptop dan HP.
Pengejaran terhadap tersangka yang kabur, Minggu (17/1) tersebut dipimpin Wakil Kapolsekta Biringkanaya, AKP Amran Allobaji.
Setelah kabur, tim khusus disebar dan hasilnya Lukman dan Rijal diketahui bersembunyi di rumah Hasan (50) di Bili- Bili, Kabupaten Gowa.
Menurut catatan kepolisian, lelaki Hasan (50) juga dicurigai banyak mengetahui sepak terjang Lukman dan Rijal selama ini.
"Kami terpaksa lumpuhkan, karena tersangka melakukan perlawanan dan berusaha kabur serta mengabaikan tembakan peringatan,'' ujar Amran di ruang kerjanya, Selasa (17/1).
"Pengejaran ke Bili- Bili, tak lepas dari bantuan masyarakat. Selanjutnya, Kapolsek Biringkanaya memerintahkan tim Unit Khusus melakukan pengejaran,'' ujarnya.
''Kami benar-benar bekerja ekstra, karena Kapolsekta memberikan waktu, 3 x 24 jam, tim Unit Khusus harus mampu meringkus tahanan yang kabur itu,'' kata Amran.
Kedua tahanan itu kabur setelah menggergaji terali besi sel. Hasil penyelidikan sementara, gergaji itu konon pemberian ibu kandungnya, Si'na Daeng Tarring.
Ditemui terpisah, Kapolsekta Biringkanaya, Kompol Mursalim, berterima kasih atas bantuan informasi warga.
''Polisi tak mungkin mampu kerja optimal tanpa partisipasi masyarakat,'' ujar mantan Kasat Reskrim Polres Makassar Barat itu.
Untuk semenetara Lukman dan Hasan dijerat pasal 363 KUH Pidana (pencurian) dan pasal 223 KUH Pidana (kabur dari tahanan).
Khusus Hasan, akan dijerat pasal 480 KUHP tentang penadahan dengan ancaman pidana 4 tahun penjara.
Sebelumnya, Lukman dan Rijal ditangkap 23 Desember setelah berkasi di Komplek Gubernuran JL Perintis Kemerdekaan.
Selain Lukman dan Rijal, waktu itu, polisi juga mengamankan, Iccan (16) dan Asdi (18).

http://www.ujungpandangekspres.com/view.php?id=59789

No comments:

Post a Comment