Sunday 16 January 2011

Polisi Tembaki Petani Kelapa Sawit

JAMBI--MICOM: Enam warga Desa Karangmendapo, Kecamatan Pauh, Kabupaten Sarolangun, Provinsi Jambi ditembaki polisi karena dituding mencuri buah kelapa sawit di areal perkebunan yang diklaim milik PT Kresna Duta Agrindo (KDA), Sabtu (15/1).

Karena luka cukup parah, keenam warga Sabtu sore terpaksa dilarikan ke Rumah Sakit Raden Mattaher, Kota Jambi, untuk menjalani perawatan intesif. Keenam korban yang menderita luka di beberapa bagian tubuh, seperti pinggang, pipi, dan paha, bernama Suhen,35, Saipul,46, Munawir,30, Fahmi,32, Agus,27, dan Nurdin,35.

Menurut Kepala Desa Karangmendapo, Rusdi, warganya ditembaki dengan peluruh karet oleh polisi ketika melakukan panen di kebun plasma milik warga sendiri.

Selain menembaki warga, puluhan anggota polisi dari satuan Brimob yang bertugas mengamankan lokasi lahan warga yang diklaim milik PT KDA itu juga menangkap tujuh warga lainnya dan dibawa ke Kantor Polres Sarolangun.

"Warga diusir dan ditembaki ketika memanen buah sawit di kebun mereka sendiri. Bukan di kebun PT KDA," kata Rusdi.

Dia menjelaskan, kemelut lahan antara warga dengan pihak PT KDA sudah berlangsung semenjak 2008. Berawal dari kerjasama pembangunan kebun kelapa sawit melalui program KKPA sekitar 2000. Namun karena program tidak jalan, dan cenderung menguntungkan perusahaan, kemudian timbul konflik berkepanjangan antara petani dengan PT KDA hingga sekarang.

"Dulu kami sudah serahkan ribuan hektare kebun karet dan lahan pertanian lain kepada PT KDA untuk program itu. Namun yang diberikan hanya 400 hektare. Sisanya tidak jelas hingga sekarang. Meskipun sudah dilaporkan ke pemerintah dan pihak berkompeten, konflik lahan tidak kunjung selesai," kata Ujang, petani setempat.

Menurut Kapolres Sarolangun AKBP Rosidi, dalam insiden itu, petugas terpaksa melepaskan tembakan ke udara lantaran sekitar seratus warga yang memanen di lahan bermasalah sulit dikendalikan dan melawan petugas.

"Dua polisi pun dilaporkan terluka pada bagian tangan dan punggung kena sabetan senjata tajam warga," ujarnya. (SL/OL-3)

http://www.mediaindonesia.com/read/2011/01/16/196057/126/101/Polisi-Tembaki-Petani-Kelapa-Sawit

No comments:

Post a Comment