Tuesday 8 January 2013

Terlibat Percobaan Pembunuhan Gubernur, 2 Teroris Ditembak

Sabtu, 5 Januari 2013 | 9:45
[MAKASSAR] Ahmad Khalil alias Hasan alias Kholid dan Syamsuddin alias Asmar alias Abu Uswah, dua orang yang diduga jaringan teroris Poso, Sulawesi Tengah, ditembak mati anggota Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Mabes Polri di kawasan Rumah Sakit (RS) Wahidin Sudirohusodo, Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel), Jumat (4/1).   

Penembakan berlangsung tak jauh dari pintu masuk Masjid Nur Alfiah, RS Wahidin Sudirohusodo, di Jalan Perintis Kemerdekaan, Makassar. Peristiwa tersebut sempat membuat panik orang-orang yang akan melaksanakan shalat Jumat. Saksi mata di tempat kejadian mengatakan, selang satu jam sebelum shalat Jumat, polisi melakukan penyergapan dan keduanya langsung ditembak. 

Proses itu berjalan sangat cepat, setelah penembakan,  kedua korban yang diduga teroris itu langsung dinaikkan ke atas mobil dan melaju meninggalkan tempat kejadian peristiwa (TKP).   Polisi mengatakan mereka yang diduga jaringan teroris Poso, Sulteng, itu memiliki senjata api, disergap sekitar pukul 10.50 Wita saat hendak memasuki masjid untuk shalat Jumat, kedua terduga teroris itu bernama Ahmad Khalil alias Hasan alias Kholid dan Syamsuddin alias Asmar alias Abu Uswah, dua rekannya melarikan diri dan masih dalam pengejaran. 

Rencana Pembunuhan Gubernur 
Kedua terduga teroris yang tewas ini disebut ikut mengendalikan aksi Awaludin dan Andika, dua pelaku percobaan pembunuhan Gubernur Sulawesi Selatan, Syahrul Yasin Limpo. Ketua DPD Partai Golkar Sulsel, itu dilempari bom saat acara gerak jalan dalam HUT Golkar di Makassar 11 November 2012, namun Syahrul dan kerumunan massa di sekitar panggung selamat karena bom yang dilemparkan tidak meledak. 

Ahmad Khalil alias Hasan alias Kholid dan Syamsuddin alias Asmar alias Abu Uswah juga disebut sebagai target DPO (daftar pencarian orang) karena diduga terkait kelompok yang melakukan pembunuhan terhadap dua anggota polisi di Tamanjeka, Poso. Dari TKP, jenazah keduanya dibawa ke RS Bhayangkara Jalan Mappaoudang, Makassar dan Jumat sore diterbangkan ke Jakarta melalui Bandara Sultan Hasanuddin dengan pengawalan pasukan antiteror. 

Sekitar tiga jam setelah dua terduga teroris ditembak, polisi kembali menyergap dua orang yang diduga berasal dari jaringan yang sama di sekitar Pasar Daya, Kecamatan Biringkanaya Makassar, identitasnya masih dirahasiakan, namun informasi yang diperoleh menyebutkan, mereka ditembak setelah itu dilarikan ke Rumah Sakit Bhayangkara. Kabid Humas Polda Sulsel Kombes Pol Endi Sutendi mengatakan, penyergarapan ini adalah bagian dari upaya polisi melakukan pengejaran jaringan teroris Poso yang masuk ke Makassar dan polisi masih melakukan pengembangan, katanya. [148]


http://www.suarapembaruan.com/home/terlibat-percobaan-pembunuhan-gubernur-2-teroris-ditembak/28750

No comments:

Post a Comment