Friday 8 June 2012

Dua Pengedar Pistol Rakitan Tewas Ditembak

FRIDAY, 08 JUNE 2012 12:43






Jakarta - Aparat Polda Metro Jaya menembak mati dua pengedar senjata api rakitan di Cipacing, Kabupaten Sumedang, yang berbatasan dengan Kabupaten Bandung. Mereka diduga menyalurkan senjata bagi pelaku perampokan.

Polisi menembak pengedar senjata bernama Doni Rahman alias Doni Buntung dan Teten, dalam sebuah operasi penggerebekan di tempat perakitan senjata di Cipacing, Sumedang, Jawa Barat, Kamis (7/6).

"Polisi mendapatkan informasi pembuatan senjata api rakitan itu dari pelaku perampokan toko emas di Ciputat, Kota Tangerang Selatan, Banten," kata Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Rikwanto di Jakarta, Jumat (8/6).

Rikwanto mengatakan, salah satu pelaku perampokan toko emas di Ciputat yang bernama Muhammad Ibrahim alias Ahmad Basuki alias Wongso mengaku membeli senjata api dari tersangka Doni Buntung di Cipacing.

Petugas Subdirektorat Reserse Mobil Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya kemudian menangkap Doni Buntung dan menyita barang bukti berupa tiga pucuk senjata api di Cileunyi, Jawa Barat, Selasa (6/6).

Doni mengaku sudah menjual 21 senjata api dan tiga pucuk pistol jenis FN seharga Rp3,5 juta pada Mei 2012 untuk pelaku perampokan toko emas di Jawa Tengah dan Ciputat (Tangerang).

"Doni mengaku mendapatkan senjata api dari Teten yang diduga sebagai pengrajin," ujar Rikwanto.

Polisi, lanjut Rikwanto, kemudian meminta Doni untuk bertemu Teten melakukan transaksi jual-beli senjata api rakitan di daerah Cileunyi, Jawa Barat, Kamis (7/6) dimana Doni akan membeli tiga pucuk senjata api rakitan seharga Rp3,5 juta per pucuk kepada Teten.

Tanpa diduga, Teten dan Doni yang bertransaksi di atas mobil, berusaha melarikan diri masuk ke Tol Cileunyi mengarah ke Kota Bandung, kemudian petugas mengejar kendaraan pelaku.

Pelaku kabur hingga masuk Tol Cipularang hingga Bekasi dan melepaskan beberapa kali tembakan ke arah mobil polisi saat keluar pintu Tol Halim, polisi membalas dan mengarahkan tembakan ke arah korban hingga keduanya tewas di dekat pintu keluar Tol Jagowawi, Cawang, Jakarta Timur.

Polisi masih mengejar empat tersangka lainnya, yakni A alias Ay, B dan KI yang berperan sebagai perantara, serta KO yang diduga menjadi kurir. [TMA, Ant]



http://www.gatra.com/hukum/31-hukum/13822-dua-pengedar-pistol-rakitan-tewas-ditembak

No comments:

Post a Comment