Monday 8 April 2013

1 Dari 5 Perampok Toko Emas Ditembak Mati


Selasa, 26/03/2013 17:28 WIB


Jember - Satu dari 5 perampok yang beraksi di toko mas di Dusun Kecik Desa Keting Kecamatan Jombang, ditembak mati Polres Jember. Polisi juga berhasil membekuk 3 pelaku lain, sedangkan 2 pelaku berhasil kabur.

Kapolres Jember AKBP Jayadi mengatakan, pihaknya belum bisa mengungkap identitas para pelaku yang ditangkap, karena saat ini masih dalam pemeriksaan. 

"Kita memang berhasil membekuk 4 tersangka pelaku perampok toko emas di Desa Keting Kecamatan Jombang. Satu orang meninggal dunia akibat luka tembak, sedangkan tiga orang juga kita tangkap setelah kakinya juga kita tembak. Kita tindak tegas karena mereka berusaha melawan. Dua orang masih kita kejar. Identitas para pelaku yang berhasil kita bekuk belum bisa kita sampaikan karena masih dalam pemeriksaan," urai Jayadi kepada wartawan, Selasa (26/3/2013).

Karena mengalami luka tembak, polisi langsung membawa mereka ke RSD Balung untuk perawatan. Sedangkan pelaku yang meninggal dunia, juga dimintakan visum, sebelum diserahkan ke keluarganya di Kecamatan Rambipuji. 

"Kita berhasil menangkap pelaku selang 1 jam setelah mereka beraksi," tambah Jayadi.

Selain menangkap pelaku, polisi juga mengamankan sejumlah perhiasan emas hasil kejahatan dan sejumlah senjata tajam. Diantaranya clurit, yang digunakan pelaku menjalankan aksinya. 

"Barang bukti sudah kita amankan, pelakunya masih dalam pemeriksaan," kata Jayadi.

Sementara itu, pemilik toko emas yang dirampok, Mamik Endang menceritakan, pelaku yang berjumlah 6 orang, datang dengan mengendarai 3 motor.

"Awalnya satu orang datang berpura–pura melihat-lihat. Kemudian ada temannya lagi masuk dan langsung memecah kaca etalase. Tak lama kemudian yang lainnya juga masuk dan mengambil perhiasan yang ada di etalase tersebut," kenang Mamik.

Mamik mengaku tak bisa mengenali pelaku, karena mereka semua memakai helm teropong. Mamik dan sejumlah karyawannya juga tak berani melawan karena semua pelaku membawa senjata tajam. 

"Kami semua hanya bisa jongkok di dekat etalase, tidak berani berbuat apa–apa," ujar perempuan parobaya itu.

Puas mengobrak–abrik toko emas milik Mamik, pelaku kemudian kabur ke arah Utara. Dari aksinya itu, mereka berhasil membawa kabur 1 ons perhiasan emas dan 1 kilogram perhiasan perak. "Total kerugian saya sekitar Rp 50 juta," kata Mamik.

(fat/fat) 

http://surabaya.detik.com/read/2013/03/26/172856/2204367/475/1-dari-5-perampok-toko-emas-ditembak-mati

No comments:

Post a Comment