Friday 21 December 2012

Teroris Poso: 3 Polisi Tewas Ditembak, 1 Pelaku Ditangkap


Teroris Poso: 3 Polisi Tewas Ditembak, 1 Pelaku Ditangkap

Politikindonesia - Situasi keamanan di Poso, Sulawesi Tengah kini mencekam. Sebuah regu Brimob dari Polda Sulteng yang sedang melakukan patroli diserang oleh sekelompok orang pada, Kamis (20/12). Dalam baku tembak itu, 3 polisi tewas, sementara salah seorang pelaku berhasil ditangkap.

“Pelaku serangan diperkirakan 15 orang dan satu diantaranya tertangkap," kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat Mabes Polri Brigjen Boy Rafli Amar kepada pers, Kamis (20/12). Selain itu, polisi berhasil merampas sepucuk senjata api jenis SS-1 yang digunakan pelaku.

Selain korban tewas, penyerangan itu juga menyebabkan 3 orang anggota Brimob lainnya menderita luka-luka. Para korban luka dibawa ke Rumah Sakit Parigi sedangkan jenazah ke RSUD Poso. “Polisi kini tengah melakukan pengejaran terhadap kelompok pelaku.”  

Boy mengatakan pelaku diduga kelompok teroris yang sama yang menggelar kamp pelatihan secara berpindah. Mereka juga yang diduga sebagai pelaku pembunuhan sadis terhadap 2 anggota polisi di Poso, yang sempat dilaporkan hilang sebelum ditemukan tewas mengenaskan pada 8 Oktober dalam satu lubang di daerah Tamanjeka, Kecamatan Poso Pesisir Utara.

Diceritakan Boy, awal kejadian baku tembak ketika sekitar 15 anggota Brimob melakukan penyisiran di wilayah yang dicurigai jadi tempat pelatihan teroris. Ada wilayah-wilayah baru yang ditemukan kepolisian. Rabu pekan lalu, polisi Poso menangkap seorang terduga teroris usai baku tembak di pegunungan Koroncopu, Desa Tambarana, Poso Pesisir.

Ketika patroli berjalan, terjadi tembakan, diduga dari wilayah perbukitan, oleh sekitar 10-15 orang bersenjata. “Patroli ini bagian dari rangkaian penyisiran. Mungkin mereka sudah terdesak karena polisi sudah menyisir wilayah-wilayah yang jadi tempat pelatihan. Saat itu kemungkinan mereka bertemu kebetulan, karena terdesak terjadi penembakan," jelas Boy.
(nif/rin/kap)

http://politikindonesia.com/index.php?k=hukum&i=40425-Teroris-Poso%3A-3-Polisi-Tewas-Ditembak%2C-1-Pelaku-Ditangkap-#.UNOVhwR4_-I.facebook

No comments:

Post a Comment