Tuesday 18 December 2012

Penembak 3 polisi Pirime tewas ditembak

MONDAY, 17 DECEMBER 2012 13:55   
JAYAPURA - Polda Papua kembali menangkap satu tersangka yang ikut menyerang Polsek Pirime, 27 November lalu, dan menewaskan tiga anggota polisi. Tersangka itu bernama Hubertus Mabel, salah satu tokoh Komite Nasional Papua Barat (KNPB).

Polisi mengaku terpaksa menembak tersangka karena yang bersangkutan melakukan perlawanan saat hendak dibekuk. Hubertus meninggal dalam perjalanan menuju rumah sakit Wamena Jayawijaya akibat banyak kehilangan darah.

Kepada Bidang Humas Polda Papua Ajun Komisaris Besar I Gede Sumerta Jaya mengatakan, Hubertus dilumpuhkan aparat di Kampung Abusak Distrik Kurulu, Wamena, Minggu (16/11) sekitar pukul 10.30 WIT. Dua anggota polisi pergi ke lokasi dengan diantar MJ alias WG, salah seorang pelaku yang sebelumnya berhasil ditangkap, 14 Desember silam.

Sesampainya di lokasi, lanjut Sumerta, Hubertus tidak sendiri tetapi bersama empat rekan lainnya. Menurutnya, tersangka langsung menyerang dan berupaya merebut senjata api yang dibawa petugas.

"Seorang anggota Timsus melepaskan tembakan ke arah kaki Hubertus Mabel dengan maksud untuk melumpuhkan. Sedangkan empat orang lainnya berhasil ditangkap. Karena banyak kehilangan darah, nyawa tersangka tidak bisa ditolong saat menuju Rumah Sakit," kata Sumerta kepada Media Indonesia, Senin (17/12).

Dikemukakan Sumerta, penembakan Hubertus membuat sekelompok orang tidak dikenal membakar Pos Polisi Woma dan terjadi kontak tembak dengan pihak kepolisian. "Saat ini Kota Wamena sudah aman dan kondusif, pascakejadian Minggu malam," pungkasnya.

Selain terlibat penyerangan Polsek Pirime, Kabupaten Lanny Jaya, Hubertus juga terlibat dalam kasus peledakan Kantor DPRD Jayawijaya.
(dat06/media)


http://www.waspada.co.id/index.php?option=com_content&view=article&id=272080:penembak-3-polisi-pirime-tewas-ditembak&catid=95:nusantara&Itemid=146

No comments:

Post a Comment