Monday 25 March 2013

PERAMPOK MODUS PECAH BAN DITEMBAK POLISI


MENARAnews, Pontianak (Kalbar) - Berakhir sudah petualangan dua komplotan pelaku perampokan dengan modus memecahkan ban kendaraan korbannya. Kedua pelaku, Handoko dan Sapril berhasil diciduk jajaran Reskrim Polresta Pontianak, di kawasan Jalan Imam Bonjol, Kota Pontianak, Rabu (13/3) kemarin.
Bahkan Sapril terpaksa dilumpuhkan dengan timah panas, karena berusaha kabur dari sergapan petugas.
Kepada polisi, tersangka Handoko mengaku aksi kejahatan dengan modus memecahkan ban kendaraan terhadap nasabah yang baru keluar dari bank. 
Dalam menjalankan aksinya, kedua pelaku saling berbagi tugas. "Sebelumnya kami merencanakan dan membagi tugas masing-masing. Kita mengikuti nasabah yang keluar dari bank. Kami mengintai hingga masuk ke dalam bank, untuk memastikan calon korban bertransaksi uang atau tidak,” ungkapnya. 
Handoko mengatakan, dirinya  tidak pernah mau melukai korban. "Saya lupa berapa jumlah uang yang berhasil kami dapatkan.  Semuaanya kami lakukan di Kota Pontianak, hasilnya kami kirimkan untuk kebutuhan keluarga di Jawa,” ujarnya. 
Kedua penjahat jalanan ini sudah hampir satu tahun melakukan aksinya di Kota Pontianak, terdapat tujuh lokasi yang menjadi sasaran kejahatannya. "Beberapa orang yang kami ambil uangnya, seperti nasabah Bank Panin jumlah uangnya sekitar  Rp200 juta. Kemudian kami dapat lagi  Rp100 juta nasabah BCA Jalan A Yani. Bank BCA siantan dua kali hasilnya sebesar Rp110 juta," ujarnya.  
Ia melakukan aksi kejahatan bersama Lima orang temannya, yakni FI, IW, AZ dan SA mereka berasal dari Palembang di Pontianak mereka tinggal di Sungai Raya. "Yang bertugas  mengempeskan ban dan mecahkan kaca si Sapril, sementara  saya menunggu di atas motor," akunya.  
Kasat Reskrim Polresta Pontianak, Kompol Puji Prayitno mengatakan, aksi kejahatan yang dilakukan komplotan tersebut sudah sangat meresahkan masyarakat. Dari beberapa lokasi aksi kejahatan yang dilakukan semuanya mengincar nasabah Bank. 
"Mereka hanya mengincar nasabah bank dan sebelum melakukan aksinya dilakukan perencanaan dengan peran masing-masing. Bahkan ada yang mengikuti hingga ke  dalam bank," terang Puji.  
Menurutnya saat ini pihak masih melakukan pengembangan dan pengejaran terhadap tiga pelaku lainnya. (msr)
http://menaranews.com/regionalx/kalimantan/perampok-modus-pecah-ban-ditembak-polisi

No comments:

Post a Comment